Jumat, 06 April 2012

STRATEGI FUTSAL




Strategi Futsal ini digunakan sejak decade 1950-an dan memiliki karakter dengan dua pemain di area pertahanan dan dua pemain di area penyerangan.Formasi Futsalini sangat sederhana dan pemain tidak perlu banyak bergerak. Dua pemain dibelakang bertugas mengamankan area pertahanan, sementara dua pemain di depan bertugas menyerang. Jarang terjadi perubahan posisi.Strategi Futsal ini lebih statis dibandingkan dengan yang lain dan lebih banyak digunakan untuk permainan dalam tempo sedang. Namun, tim yang berpengalaman sering menggunakannya dalam pertandingan krusial.
Tips:
·                     Dua pemain depan akan saling menopang sementara dua pemain belakang tidak hanya mengamankan pertahanan, tapi juga ikut membantu memutar permainan.
·                     Cuku efektif melawan tim dengan pertahnan yang lemah. Karenanya perlu melakukan penyerangan secara konstan. Tapi juga perlu melakukan penguasaan bola (ball possession) ketika tidak melakukan penyerangan.
·                     Formasi 2-2 memang menggunakan dua pemain depan dan dua pemain belakang. Namun, dalam praktiknya sebuah tim seharusnya menyerang dan bertahan secara bersama. Dengan begitu akan lebih mudang meraih hasil yang diharapkan.
Formasi Futsal 4-0
Formasi futsal ini diciptakan oleh tim-tim Eropa, terutama Spanyol. Terlihat hamper sama dengan system 3-1 atau modifikasi 1-2-1. Namun yang membedakannya adalah penyerang tengah atau lebih dikenal dengan nama pivot bisal masuk ke area caster atau sebagai penjelajah di posisi sayap kiri, kanan, tengah, dan belakang. Artinya ia bersama tiga rekan pemain seecara konstan melakukan serangan atau bertahan. Permainan akan menjadi sangat rapat dan ketat sehingga sulit bagi lawan untuk bergerak dengan leluasa saat menyerang atau bertahan.
Tips:
·                     Setiap pemain akan mengawal pemain lawan (man to man marking)
·                     Sangat efektif ketika menghadapi lawan yang tangguh.
·                     Memudahkan untuk menutupi pergerakan lawan dalam mendistribuusikan bola atau membuka ruang permainan.
·                     Bisa memperlambat tempo permainan lawan, lalu memulai penyerangan.
·                     Terkadang, permainan menjadi monoton karena bola mungkin dikuasi, sementara rekan lain hanya melakukan penjagaan terhadap pemain lawan.
Formasi Futsal 3-1
Formasi Futsal 3-1 memudahkan melakukan serangan dengan lebih variatif. Di depan kipper ada seorang pemain bertahan, dua pemain tengah yang menempati posisi sayap, dan penyerang tengah atau pivot.
Strategi futsal ini menentut banyak pergerakan dari pemain dalam penguasaan bola terutama saat melakukan variasi serangan. Pivot lebih banyak mengoperkan kepada rekan saat menyerang. Kedua pemain sayap dan satu pemain belakang akan mengimbangi arah pergerakan pivot untuk menciptakan ruang permainan dan peluang untuk mencetak gol. Pivot dan kedua pemain sayap akan melakukan beberapa gerakan untuk mencari celah dan momen yang tepat guna memasukkan bola ke gawang lawan.
Berikut ini adalah fungsi masing-masing posisi pemain.
Pemain Bertahan
Orang terakhir di barisan belakang, bertanggung jawab untuk membantu kipper mengamankan gawang, menetralisasi serangan lawan, dan mengawali penyerangan.
Pemain Sayap
·                     Penghubung antara pertahanan dan penyerang
·                     Membantu pemain belakang dalam memulai serangan serta menyokong pivot untuk melakukan penyelesaian akhir atau mencetak gol.
Pivot
·                     Mengontrol permainan saat dalam posisi menyerang
·                     Berperan sebagai penyuplai bola, pencetak gol, dan menjadi orang pertama yang meredam serangan lawan.
Tips
·                     Peran pemain depan paling menonjol karena harus mengendalikan bola, mengumpan kepada rekannya, dan mencari celah untuk memasukkan bola ke gawang lawan. Ini yang dinamakan pivot atau target man.
·                     Pengendalian bola tidak boleh lama karena ruang permainan yang sempit
·                     Lawan bisa dengan mudah membangun pertahanan guna meredam serangan
·                     Pemain belakang juga memiliki peran penting terutama dalam mempertahankan penguasaan bola selama permainan.
·         Makin populernya olah raga futsal akhir-akhir ini membuat sebagaian besar  para pelaku bisnis melihatny sebagi peluang yg menguntungkan, terbukit kini semakin banyaknya lapangan futsal  yg berdiri baik itu indoor maupun outdoor, namun yg perlu anda perhatikan terutama yg hendak membangun lapangan futsal adalah ukuran standar tuk sebuah lapangan futsal.
·         Berikut ini kami mencoba merangkum kriteria dan ukuran standar tuk sebuah lapangan futsal:
·         Lapangan Futsal berbentuk persegi panjang, dgn ukuran sebagai berikut:
·          
·         Ukuran stndar lapangan Futsal:
·         Panjang: 25 – 42 m.
·         Lebar: 15 – 25 m.
·          
·         Ukuran standar lapangan futsal internasional:
·         Panjang: 38 – 42 m.
·         Lebar: 18 – 25 m.
·         
·        
·        
         

·         Tanda Pada Lapangan Futsal:
·         Lapangan futsal ditandai dgn garis pembatas lapangan. Garis yg berukuran lebih panjang disebut garis samping (touch line), sedang garis yg lebih pendek adalah garis gawang (goal line).
·         Lebar garis pembatas 8 cm.
·         Lapangan futasala dibagi menjadi dua bagian yg sama luas dan diberi garis. Garis ini disebut garis tengah.
·         Titik tengah ditandai dgn titik tepat di tengah lapangan, lalu garis melingkar dibuat dgn titik pusat di titik tengah tersebut dgn jari-jari lingkaran 3 m.
·          
·         Area Penalti pada Lapangan Futsal
·         Daerah di depan gawang yg ditandai dgn garis setengah lingkaran disebut daerah penalti. Penentuan areal penalti adalah:
·         Dibuat dua garis seperempat lingkaran berjari-jari 6 m di dalam lapangan dgn titik pusat setiap tiang gawang.
·         Satu ujung tiap garis seperempat lingkaran menempel di garis gawang. Satu ujung yg lainnya tepat berada di depan setiap tiang gawang. Kedua ujung yg berada di depan kedua tiang gawang dihubungkan dgn garis lurus sepanjang 3,16 m sejajar dgn garis gawang. Mengapa harus 3,16 m? Karena 3,16 m ini didapat dari jumlah lebar gawang dan diameter ketebalan dua buah tiang gawang, yg masing-masing diameternya 8 cm.
·          
·         Titik Penalti Pertama:
·         Posisinya berjarak 6 m dari titik tengah antara kedua tiang gawang.
·          
·         Titik Penalti Kedua:
·         Posisinya berjarak 10 m dari titik tengah antara kedua tiang gawang.
·         Daerah Tendangan Sudut
·         Di setiap masing-masing sudut lapangan dibuat seperempat lingkaran dgn jari-jari 25 cm.
·         Daerah Bebas
·         Daerah bebas ini terletak di lima meter sekeliling garis tengah lapangan. Daerah ini harus bebas pandangan ke lapangan, karena di sisi luar daerah bebas ini terdapat meja wasit ketiga dan pencatat waktu. Jarak meja wasit ketiga ini minimal dua meter dari garis tepi lapangan.
·          
·         Ukuran Gawang Pada Lapangan Futsal
·         Gawang harus ditempatkan di bagian tengah masing-masing garis gawang. Lebar gawang adalah 3 m diukur dari bagian dalam tiang. Sedangkan tinggi gawang adalah 2 m diukur dari bagian dalam tiang palang atas gawang ke lantai.
·          
·         Bentuk penampang tiang yg diperbolehkan adalah kotak dan lingkaran, namun bentuk penampang lingkaran lebih dianjurkan, karena selain relatif lebih aman jika terjadi benturan juga pantulan bola dgn tiang penampang bundar lebih menghasilkan arah yg akurat.
·          
·         Permukaan Lapangan Futsal
·         Permukaan lapangan harus halus, rata dan tidak licin. Bahan yg disarankan adalah kayu / parkit. Sangat tidak disarankan menggunakan bahan beton dan paving stone. Pemilihan bahan permukaan lapangan ini bertujuan mengutamakan keselamatan pemain futsal.
·          
·         Ketetapan tuk lapangan Futsal:
·          
·         Jika garis gawang antara 15-16 m, radius seperempat lingkaran hanya diukur sebesar 4 m. Dalam hal ini titik penalti tidak lagi ditempatkan pada garis yg dibatasi daerah penalti, tapi berada pada jarak 6 m dari titik tengah antara posisi kedua tiang gawang.
·         Garis dapat digambarkan di luat lapangan, 5 m dari sudut lapangan dan pada sudut kanan dan kiri dari garis gawang tuk memastikan jarak ini dapat diamati bila tendangan sudut dilakukan. Lebar garis ini 8 cm.
·         Dua garis tambahan dgn masing-masing jarak 5 m pada kanan dan kiri titik penalti kedua tuk menggambarkan jarak pengamatan ketika tendangan bebas dilakukan dari titik penalti kedua.
·         Tempat duduk pemain cadangan berada di belakang garis pembatas lapangan, tepat di samping daerah bebas yg berada di depan meja pencatat waktu (time keeper).
FUTSAL cukup terkenal dan gak kalah populer dengan SEPAK BOLA, permainannya juga gak jauh beda, peraturan, taktik dan lain sebagainya juga hampir mirip-mirip SEPAK BOLA. Permainan ini pertama kali dimainkan di Montevideo, Uruguay Amerika Selatan. Dimana satu tim terdiri dari 5 orang termasuk kiper, permainan dimainkan 2 tim dengan tujuan yg sama kayak SEPAK BOLA yaitu mencetak sebuah gol untuk dapat meraih kemenangan. (Halah...udah tau lah pokoknya)
Perbedaannya terletak di, ukuran Lapangan.
Kalo FUTSAL ukuran panjang lapangan yg standar adalah 38-42 m dan lebar 18-25 m, ini adalah ukuran yg dipake secara internasional. Selain itu ukuran gawang: tinggi 2m dan lebar 3m.
Terus bentuk kotak penalty juga berbeda, kalo SEPAK BOLA bentuknya kotak dan FUTSAL bentuknya setengah lingkaran atau busur.
Selebihnya sama.
Lama permainan 2x20 menit dengan 10 menit istirahat.
Sama dengan SEPAK BOLA, FUTSAL juga memberikan perpanjangan waktu dan Penalti jika hasil skor seri.
 

 Posisi-posisi dalam Futsal ...
ada yg namanya KIPER, tau donk apa tugasnya "MENCEGAH MASUKNYA BOLA ke GAWANG"
abis kiper ada DEFENDER, yg bertugas membantu kiper MENCEGAH BOLA MASUK ke GAWANG
terus MIDFIELDER, yg kerja bantuin defender dan striker tugas utamanya adalah MENGIRIM PASOKAN BOLA SETIAP SAAT PADA STRIKER mereka juga bisa mencetak gol kapan pun mereka mau (tanpa melupakan tugasnya)
dan STRIKER, bertugas MENJEBOL GAWANG LAWAN supaya meraih kemenangan
satu lagi tambahan, ada FLANKER, tugasnya PATROLI kesana kemari untuk MEREBUT BOLA

Skill yg dibutuhkan?
Kamu harus cepat dalam bertindak dan mengambil suatu keputusan, karena pada umumnya permainan ini mengandalkan kecepatan.
Serta ketepatan atau keakuratan, jitu dan lain sebagainya pada sebuah usaha yg anda lakukan untuk menjebol gawang.
Stamina yg baik juga amat diandalkan dalam permainan ini.

Tips saat latihan...
1. Untuk satu tim (kecuali kiper) coba untuk jogging sekitar 10 menit sebelum latihan primer, dan kiper cukup lari 3 menit ((?) kiper gak butuh lari-lari dalam permainan)
2. Latihlah tehnik 'dribbling' anda sebaik mungkin, maksimalkan potensi kaki anda serta berlatihlah menggunakan sisi luar kaki.
3. Berlatih 'tackling' atau tekel yg baik dan benar
4. Passing dan Shooting
5. Makanlah makanan yg mengandung banyak kalsium dan protein.

Dalam FUTSAL selain lapangan sempit, pikiran juga sempit jangan terlalu banyak mikirin taktik.. begitu anda nerima bola langsung tembakkan kearah gawang lawan. Makin banyak anda menembak makin banyak pula peluang sebuah GOL.

Ukuran Lapangan Futsal Standar

 Peraturan Olah raga
ukuran lapangan futsal standar mungkin yang anda maksut adalah ukuran lapangan futsal yang ideal
banyak sekali saat kita main futsal eh ada yang lapangannya kebesaran atau ada juga bahkan kekecilan untuk ukuranlapang futsal sendiri itu bisa kita lihat disini, mungkin artikel ini bisa sedikit memberi pencerahan bagi anda dalam ukuran lapangan dan ukuran gawang futsal standar

ukuran lapangan futsal standar nasional 


Ini karena banyaknya tamu yang hadir ke blog saya karena sakhirnya saya menyempatkan diri untuk memindahkan file ini> Dan untuk teman-teman semoga sesuai apa yang teman-teman cari:
Ukuran:
Lapangan Futsal berbentuk persegi panjang, dengan ukuran sebagai berikut:
* Panjang: 25 – 42 m.
* Lebar: 15 – 25 m.
Ukuran standar pertandingan futsal internasional:
* Panjang: 38 – 42 m.
* Lebar: 18 – 25 m.
Tanda Lapangan:
  1. Lapangan ditandai dengan garis pembatas lapangan. Garis yang berukuran lebih panjang disebut garis samping (touch line), sedang garis yang lebih pendek adalah garis gawang (goal line).
  2. Lebar garis pembatas 8 cm.
  3. Lapangan dibagi menjadi dua bagian yang sama luas dan diberi garis. Garis ini disebut garis tengah.
  4. Titik tengah ditandai dengan titik tepat di tengah lapangan, lalu garis melingkar dibuat dengan titik pusat di titik tengah tersebut dengan jari-jari lingkaran 3 m.
Area Penalti
Daerah di depan gawang yang ditandai dengan garis setengah lingkaran disebut daerah penalti. Penentuan areal penalti adalah:
  • Dibuat dua garis seperempat lingkaran berjari-jari 6 m di dalam lapangan dengan titik pusat setiap tiang gawang.
  • Satu ujung tiap garis seperempat lingkaran menempel di garis gawang. Satu ujung yang lainnya tepat berada di depan setiap tiang gawang. Kedua ujung yang berada di depan kedua tiang gawang dihubungkan dengan garis lurus sepanjang 3,16 m sejajar dengan garis gawang. Mengapa harus 3,16 m? Karena 3,16 m ini didapat dari jumlah lebar gawang dan diameter ketebalan dua buah tiang gawang, yang masing-masing diameternya 8 cm.
Titik Penalti Pertama:
Posisinya berjarak 6 m dari titik tengah antara kedua tiang gawang.
Titik Penalti Kedua:
Posisinya berjarak 10 m dari titik tengah antara kedua tiang gawang.
Daerah Tendangan Sudut
Di setiap masing-masing sudut lapangan dibuat seperempat lingkaran dengan jari-jari 25 cm.
Daerah Bebas
Daerah bebas ini terletak di lima meter sekeliling garis tengah lapangan. Daerah ini harus bebas pandangan ke lapangan, karena di sisi luar daerah bebas ini terdapat meja wasit ketiga dan pencatat waktu. Jarak meja wasit ketiga ini minimal dua meter dari garis tepi lapangan.
Daerah Pergantian Pemain
Lima meter setelah garis daerah bebas adalah daerah pergantian pemain. Daerah ini ditandai dengan garis yang memotong garis samping. Lebar garis ini adalah 8 cm, dan panjangnya 80 cm (40 cm di dalam lapangan, 40 cm di luar lapangan).
Gawang
Gawang harus ditempatkan di bagian tengah masing-masing garis gawang. Lebar gawang adalah 3 m diukur dari bagian dalam tiang. Sedangkan tinggi gawang adalah 2 m diukur dari bagian dalam tiang palang atas gawang ke lantai.
Bentuk penampang tiang yang diperbolehkan adalah kotak dan lingkaran, namun bentuk penampang lingkaran lebih dianjurkan, karena selain relatif lebih aman jika terjadi benturan juga pantulan bola dengan tiang penampang bundar lebih menghasilkan arah yang akurat.
Jaring gawang berbahan nilon, yang diikatkan ke tiang dan palang gawang. Kedalaman gawang adalah 80 cm untuk bagian atas gawang, dan 100 cm untuk bagian bawah.
Permukaan Lapangan
Permukaan lapangan harus halus, rata dan tidak licin. Bahan yang disarankan adalah kayu / parkit. Sangat tidak disarankan menggunakan bahan beton dan paving stone. Pemilihan bahan permukaan lapangan ini bertujuan mengutamakan keselamatan pemain futsal.
Ketetapan:
  1. Jika garis gawang antara 15-16 m, radius seperempat lingkaran hanya diukur sebesar 4 m. Dalam hal ini titik penalti tidak lagi ditempatkan pada garis yang dibatasi daerah penalti, tapi berada pada jarak 6 m dari titik tengah antara posisi kedua tiang gawang.
  2. Garis dapat digambarkan di luat lapangan, 5 m dari sudut lapangan dan pada sudut kanan dan kiri dari garis gawang untuk memastikan jarak ini dapat diamati bila tendangan sudut dilakukan. Lebar garis ini 8 cm.
  3. Dua garis tambahan dengan masing-masing jarak 5 m pada kanan dan kiri titik penalti kedua untuk menggambarkan jarak pengamatan ketika tendangan bebas dilakukan dari titik penalti kedua.
  4. Tempat duduk pemain cadangan berada di belakang garis pembatas lapangan, tepat di samping daerah bebas yang berada di depan meja pencatat waktu (time keeper).



1 komentar: